Pentingnya Memahami Pendapatan Real Estate Menurut PSAK 72

0
1430

ReincoArticle, Jakarta – Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntansi Indonesia (DSAK-IAI) telah mengesahkan 3 Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) baru pada tahun 2017 lalu. Selain beberapa amandemen PSAK yang sudah berlaku sebelumnya. 3 PSAK baru tersebut adalah sebagai berikut:

1.    PSAK 71: Instrumen Keuangan
2.    PSAK 72: Pendapatan dari Kontrak dengan Pelanggan
3.    PSAK 73: Sewa

PSAK 72 mengadopsi versi lengkap dari IFRS 15 Revenue from Contract with Customers yang efektif untuk laporan yang menggunakan IFRS pada 1 Januari 2018. PSAK 72 akan menjadi standar tunggal untuk pendapatan pengakuan yang berlaku untuk sebagian besar kontrak dengan pelanggan, menggantikan pedoman yang ada di bawah SAK yang tersebar dalam berbagai standar / interpretasi (misalnya, PSAK 23: Pendapatan, PSAK 34: Kontrak Konstruksi, PSAK 44: Akuntansi Aktivitas Pengembangan Real Estat, ISAK 10: Program Loyalitas Pelanggan, ISAK 27: Pengalihan Aset dari Pelanggan dan ISAK 21: Perjanjian Konstruksi Real Estat).

PSAK 72 efektif untuk periode laporan keuangan yang dimulai pada atau setelah 1 Januari 2020, namun penerapan lebih dini diperkenankan. Entitas bisa membuat transisi ke PSAK 72 dalam salah satu dari dua cara:

  • Retrospektif (dengan beberapa praktik praktis) dengan penyesuaian pada transisi yang dibuat ke saldo pembukaan periode komparatif terawal yang disajikan. Untuk entitas yang menggunakan metode transisi ini, laporan keuangan akan disajikan kembali (jika perlu), sesuai dengan PSAK 25.
  • Secara retrospektif dengan penyesuaian yang dilakukan pada saldo pembukaan yang tepat dari periode saat ini (yaitu, periode pertama di mana PSAK 72 diterapkan) setelah transisi. Untuk entitas yang menggunakan metode transisi ini, untuk kontrak yang diperkirakan akan lengkap menggunakan PSAK pendapatan sebelumnya tidak perlu disajikan kembali. Namun, untuk mempertahankan informasi tren, kontrak yang sudah ada dan kontrak yang baru, harus disajikan di bawah persyaratan sebelumnya dalam laporan keuangan pada tahun awal penerapan.

referensi : russellbedford

Ada kabar baik untuk Anda yang ingin belajar Seputar Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 72 ini.  Saat ini sudah dibuka pendaftaran untuk mengikuti Short Course “Tax Planning dan Akuntansi Pendapatan Real Estate PSAK 72”.

hanya untuk 10 pendaftar pertama anda akan mendapatkan potongan 15 %
Segera daftar Disini : http://bit.ly/eventtaxpsak

Atau langsung menghubungi kami Yuli (0811 9705 636)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here