Memperbaiki Data Perumahan PUPR Meluncurkan Aplikasi SI Kasep

0
509

ReincoArtikel, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen membenahi sistem pendataan di bidang perumahan untuk memastikan angka backlog yang lebih akurat.

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menyalurkan dana subsidi fasilitias likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) untuk KPR bersubsidi, meluncurkan aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep).

Aplikasi SiKasep diharapkan bisa menunjang kinerja PPDPP dalam menyalurkan FLPP lebih cepat, tepat, dan akuntabel sehingga mempermudah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mencari dan menentukan rumah subsidinya.

Dengan aplikasi ini, developer akan mendaftarkan proyeknya sejak masih dalam proses kaveling. Kaveling tersebut awalnya akan berwarna putih dan akan terus berubah seiring pengembangannya. Dari putih akan berubah menjadi kuning hingga merah, yang artinya rumah sudah diserahterimakan dan dihuni oleh konsumen.

Untuk masyarakat yang akan mengakses KPR bersubsidi sebelumnya bisa men-download aplikasi ini, kemudian memasukan nomer KTP dan NPWP. Aplikasi akan terhubung dengan data kependudukan dan catatan sipil (dukcapil) untuk mengetahui, apakah seseorang sudah pernah menerima subsidi perumahan. Bila belum, akan ada berbagai formulir online yang harus diisi pemohon rumah subsidi.

Editor : Aldi
Referensi : bisnis, housinggate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here