Faktor Apa Saja Yang Menyebabkan Kegagalan High Rise Building Project?

0
3050

ReincoArtikel, Jakarta – Seperti yang kita ketahui konsekuensi dari kegagalan struktur bangunan selain rusaknya bangunan tetapi juga dapat menyebabkan kecelakaan yang timbulnya korban jiwa, cedera dan lainya yang disebabkan oleh jatuhnya material .

Kegagalan bangunan dapat berupa  bagian dari bangunan  yang  retak, misalnya struktur beton bertulang  yang suatu waktu bisa saja mengalami keretakan yang serius atau lebih besar dan menyebabkan robohnya suatu bangunan.

Reinco mencoba menyusun poin – poin yang menjadi Faktor kegagalan High Rise Building Project, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Kesalahan dalam proses Studi Kelayakan

Dalam proses pembuatan dan analisis studi kelayakan tentunya perlu memperhatikan aspek-aspek secara menyeluruh/komprehensif yang akan di proyeksikan ke depan baik pada tahap pelaksanaan/konstruksi maupaun pasca konstruksi dimana berdampak langsung terhadap daerah di sekitarnya baik dari segi pemanfaatan, perawatan, sosial, ekonomi, lingkungan dan peraturan yang berlaku.

2. Kesalahan dalam Perencanaan & Perancangan

Kesalahan perencanaan dan perancangan merupakan faktor yang sangat penting dan vital dimana sangat berpengaruh terhadap desain konstruksi yang akan dilaksanakan dilapangan, jika dalam aspek perencanaan dan perancangan pihak konsultan salah memperhitungkan atau menganalisis maka konsekuensi dan dampak yang dapat ditimbulkan ke depan akan sangat signifikan berpengaruh terhadap kegagalan fisik bangunan.

3. Kesalahan dalam Pelaksanaan

Kesalahan pelaksanaan merupakan tindak lanjut dari proses perencanaan kontruksi, dimana dalam tahap pelaksanaan juga memegang peranan penting terhadap kegagalan kontruksi yang tentunya lebih berorientasi kepada pihak pelaksana proyek/kontraktor.

4. Kesalahan Operasional

Dalam hal ini lebih berorientasi kepada pihak pemilik proyek konstruksi dalam tahap penggunaan dan operasional dari produk konstruksi tersebut, dimana jika pihak pemilik melakukan kesalahan dalam hal merubah dari fungsi awalnya maka dapat berpotensi menimbulkan terjadinya kegagalan konstruksi

5. Maintenance

Jika tingkat frekuensi perawatan tidak dilakukan secara rutin dan berkala maka dapat juga berpotensi terhadap meningkatnya risiko kegagalan bangunan.

6. Usia/ Umur Bangunan

hal ini diakibatkan karena tingkat kekuatan bangunan mengalami penurunan selama umurnya serta kelelahan/fatique yang terus-menerus selama umur bangunan tersebut.

7. Disaster/ Bencana

aktor ini merupakan faktor diluar dugaan dan kemampuan manusia yang sulit untuk diprediksi secara tepat (Act of God), faktor bencana merupakan faktor yang sangat fatal terhadap kegagalan konstruksi.

semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat reinco strategic

Ingin Mengetahui Lebih Banyak Seputar Project Cost Control Di Bidang Bangunan Tinggi???

Ikuti Events Terdekat Yang Diselenggarakan Oleh Reinco Strategic

“Real Estate Project Cost Control ; Construction Delay, Quality Control And Financial Resctructuring”

22 – 23 Agustus 2019
8.00 PM – 4.30 AM
Register Online : http://bit.ly/eventproject2019
More Info : Tria 08119705636
Join Us!!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here